ENTERPRENEUR DI KELAS INKLUSI ISLAMIC GLOBAL SCHOOL

Setiap anak memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, begitu juga dengan ABK. Tetapi untuk memberikan pendidikan kepada ABK memerlukan kesabaran dan ketelatenan serta harus menyediakan guru khusus, sehingga hanya beberapa sekolah umum saja yang bersedia membuka kelas inklusi. Salah satunya adalah SD Islamic Global School ( IGS ). Sejak awal didirikan, IGS berkomitmen memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus ( ABK ) untuk belajar bersama dengan anak umum di kelas yang sama dan hal itu tetap dipertahankan sampai dengan sekarang.

Kurikulum yang diterapkan IGS untuk kelas inklusi disesuaikan dengan kelas yang heterogen dengan karakteristik ABK dan regular. Pengembangan kurikulum  dilakukan sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dalam pendidikan inklusi. Seperti terlihat pada Jum’at, 9 Agustus, ABK yang tergabung di kelas inklusi diajak untuk membuat beberapa karya dan hasilnya dijual ke guru dan karyawan di lingkungan sekolah.

Pada saat menawarkan hasil karyanya, ABK di IGS terlihat bersemangat. Guru dan karyawan pun senang sekaligus antusias  dengan keuletan mereka ketika menjual. Tanpa melalui proses tawar menawar, akhirnya hasil karya mereka banyak  terjual.  Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk menstimulus ABK agar bisa berkarya dan ketika hasil kerja mereka dihargai, akan memunculkan keinginan dalam diri  ABK untuk menjadi seorang entrepreneur ketika mereka dewasa nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *