FUN COOKING SD-ISLAMIC GLOBAL SCHOOL KOTA MALANG

SD-Islamic Global School Kota Malang menagadakan kegiatan Fun Cooking yaitu kegiatan dimana para siswa diajarkan cara memasak salah satu menu makanan. Kegiatan ini diikuti seluruh kelas dua, pada jumat (07/02/2020) pagi. Siswa diajarkan memasak menu hamburger yakni sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang dirilis dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya di ambil dari daging, sebut Ali Barroh sebagai Chef yang memberikan arahan kepada para siswa. Sebelum acara Fun Cooking di mulai, para siswa diarahkan kekelas untuk diberikan arahan mengenai tata cara memasak yang benar. Selain itu para siswa juga diperkenalkan dengan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan Hamburger.   Pengelompokan anak dalam satu tugas juga ditata, ada kelompok yang memotong daging dengan arahan guru, ada kelompok yang memotong timun, serta kelompok yang mencuci sayuran. Ketika memasak pun para siswa diajak bergantian untuk memanggang rotinya.

Kegiatan ini merangsang anak aktif bertanya, misal dari mana mendapatkan bahanya, kapan matangnya dan lain sebagainya, sehingga chef Ali Barroh selain sibuk memberikan arahan memasak kepada para siswa juga sibuk memberikan jawaban dari pertanyaan anak-anak. Sebelum penyajian para siswa diajak menata tempat makanannya, kemudian sebelum menikmati makanan yang sudah siap dimakan para siswa dibimbing untuk cuci tangan dan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah satu dari mereka. Banyak sekali manfaat yang dapat dioptimalkan dalam pengembangan pembelajaran fun cooking ini, anak mampu bekerja dalam tim, anak mengetahui bahan baku makanan tertentu, mendapat pengalaman mengenai proses memasak. Dan yang tidak kalah penting anak mampu mengoptimalkan daya kognitif dan keterampilan diri tutur Evi sebagai koordinator kelas dua.

Kegiatan fun cooking ini juga mendapat antusiasme tinggi dari para siswa, selain dapat bergembira, siswa juga dapat belajar dan mengerti keseharian seorang ibu ketika memasak dirumah.“Senang bisa masak Humberger, sekalipun rasanya repot dan bingung tapi serru bisa sambil bermain, dan keinget mama dirumah kalo lagi masak repotnya luar biasa”, tutur Niesyah siswi kelas Dua-C. “Berbeda dengan Syidiq salah satu siswa kelas Dua-D. menurutnya kegiatan Fun Cooking ini membuatnya senang karena belajarnya di luar bukan di dalam kelas, jadinya tidak membosankan”, tuturnya. Kegiatan Fun Coocing ini diawali dengan berdoa bersama-sama, serta pengarahan tentang larangan dan cara untuk memasak. Fun Coocing dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu kelas Dua-A dan Dua-B, sedangkan sesi kedua kelas Dua-C dan Dua-D. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *