Peringatan Hari Besar Nasional Dan Islam di SD Islamic Global School

SD Islamic Global School merupakan sekolah yang ada di kawasan kota Malang, tepatnya di jl S. Supriyadi no 35. Selama November ini sudah ada dua kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati  hari besar, yaitu Hari Pahlawan dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Setiap tahun dua hari besar tersebut selalu dirayakan. Tujuan dari peringatan hari besar tersebut adalah untuk lebih memaknai hal hal positif yang terkandung didalamnya dan menerapkan dalam kehidupan sehari hari, bukan hanya sekedar seremonial.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW SD IGS diawali dengan melaksanakan beberapa lomba, diantaranya Adzan, Dacil,Tahfidz Al – Qur’an, Khot Arobi dan Cerdas Cermat pada Jum’at, 1 November 2019. Masing masing lomba memiliki kategori yang berbeda. Puncak acara dilaksanakan pada Kamis, 7 November 2019. Pada acara puncak, siswa di IGS mendapatkan siraman rohani dengan tema perjalanan hidup nabi Muhammad SAW oleh salah satu guru PAI, yaitu pak Fahmi. Selain itu ada pemberian santunan untuk 16 anak yatim yang merupakan siswa IGS sendiri. Santunan berasal dari pihak sekolah, paguyuban dan beberapa  siswa.

Sedangkan peringatan hari Pahlawan, dilaksanakan pada Senin, 11 November 2019. Pada peringatan tahun ini, seluruh siswa, karyawan dan guru di IGS menggunakan baju bertema tradisional dan pahlawan. Acara dimulai dengan melaksanakan upaca yang merupakan agenda rutin setiap Senin. Waka kurikulum, pak Yudi, mewakili kepala sekolah, pada saat sesi amanat pembina upacara memberikan pesan kepada seluruh peserta upacara agar mengisi kemerdekaan dengan prestasi, sehingga bisa mengharumkan nama bangsa dan tujuan dari kemerdekaan yang telah direbut para pahlawan tidak sia sia. Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan nobar ( nonton bareng ). Seluruh siswa diajak melihat film perjuangan pangeran Diponegoro ketika berjuang melawan penjajah. Dari film ini siswa diharapkan mengetahui begitu beratnya perjuangan para pahlawan ketika merebut kemerdekaan dan bisa melanjutkan perjuangan mereka dengan cara yang berbeda menyesuaikan masa sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *