Peringatan Tahun Baru Hijriah 1441 H

Sejarah 1 Muharram, tahun baru islam, ditandai dengan peristiwa besar, yakni hijrahnya nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi. Perhitungan tahun baru islam bermula  di masa Umar bin Khattab, tepatnya 6 tahun setelah wafatnya nabi Muhammad SAW. Sebelum mengenal kalender islam atau kalender hijriah, masyarakat Arab mengenal tahun dengan menamainya menggunakan peristiwa penting yang terjadi di tahun itu.

Nama Muharram secara Bahasa dapat diartikan sebagai bulan yang diharamkan, yaitu bulan yang didalamnya mengharamkan orang Arab untuk berperang. Di bulan Muharram terdapat beberapa peristiwa penting, dua diantaranya pada 10 Muharram diyakini merupakan hari kebebasan Musa dari kerajaan Fir’aun dan kita disunahkan berpuasa pada tanggal itu. Pada bulan Muharram, kapal nabi Nuh berlabuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir besar.

Datangnya tahun baru islam selalu dinanti dan dirayakan oleh umat muslim, begitu juga dengan SD Islamic Global School. Seperti terlihat pada Rabu, 18 September 2019, bertempat di SD IGS, seluruh siswa dan guru terlihat memperingati tahun baru Hijriah dengan khidmat. Acara dimulai dengan apel pembukaan pukul 07.15 WIB di lapangan SD IGS. Sebagai pembuka acara, kepala sekolah IGS, Drs. Suyadi, S.pd., M.M, menyampaikan sambutan sekaligus pemotongan pita sebagai tanda acara peringatan tahun baru Hijriah dimulai.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *