PERJUSA ( PERKEMAHAN JUMAT – SABTU )

        Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah ‘Kepanduan’ (Boy Scout). Sejarah pramuka di Indonesia tidak terlepas dari Gagasan Baden PowelI yang merupakan Bapak Pandu sedunia. Lord Robert Baden-Powell Of Gilwell menuliskan pengalaman dalam pembinaan remaja di negara lnggris, yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepanduan (kepramukaan) yang selalu kita peringati setiap tanggal 14 Agustus.

Gerakan pramuka dilakukan sebagai wadah pembinaan generasi muda, agar mengerti nilai-nilai kepribadian, watak, moral, serta disiplin yang akhirnya bisa mencetak mereka sebagai motor penggerak dalam pembangunan. Melihat pentingnya pramuka dalam membentuk generasi bangsa yang luar biasa, maka SD Islamic Global School pada Jumat  Sabtu, 6 – 7 September mengadakan  perkemahan yang merupakan salah satu kegiatan pramuka ( perjusa ). Selain ingin mengenalkan nilai nilai positif pramuka, kegiatan perjusa ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pramuka ke 58.

Pada peringatan hari pramuka tahun ini, SD IGS mengambil tema ‘’Pramuka Bersih Negeri’’ sesuai dengan tag line nasional dan diikuti siswa kelas 4 – 6.  Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk membuat perjusa menyenangkan bagi siswa, salah satunya dengan mengadakan pentas seni yang diikuti perwakilan setiap jenjang kelas untuk menunjukkan kreasi mereka. Ada yang menarik untuk perjusa kali ini karena pak Sendy dan pak Pras yang merupakan tim pengajar BTA di IGS membuat sebuah lagu berjudul ‘’To Be One’’ yang dinyanyikan oleh peserta selama perjusa dilaksanakan. Lagu ini berisi tentang semangat untuk mewujudkan mimpi dan harapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *